bagaimana langkah hadapi komentar negatif ? barangkali pertanyaan ini kerap di singgung oleh beberapa belgger yang dulu terima komentar negatif dari orang lain. perihal ini lalu dulu penulis alami waktu pertama kali ngeblog, namun saya tidak berupaya melacak jawabannya. terinspirasi dari bln lalu ada yang mengirip pesan negatif pada situs (blog) ini, silahkan tengok di sini, serta ide-ide ini tidak penulis bisa sendiri namun penulis bisa dari blogpopuler mudah-mudahan pemiliknya memperoleh rahmat dari allah, amin..
sahabat info maya didalam ngeblog ada satu perihal yang perludiperhatikan untuk pemilik situs (blog) yakni menjawab komentarpembaca. komentar-komentar dari pembaca dapat berbagai macam, bisa berupapujian, kritikan, sanggahan dan seterusnya. kadang-kadang juga diperoleh komentar yang asal melalui saja, layaknya, ”hai, salam kenal…”. atau, ” hallo, ganti link yuk”. komentar-komentarini tak ada hubungannya dengan isi tulisan. walau sebenarnya si pemilik blogmengharapkan komentar yang menyangkut isi postingannya. komentartersebut bisa dikatakan spam serta umumnya dapat lagsung difilteroleh akismet, satu plugin pada wordpress yang menfilter komentar yangberbau spam.
nah lalu bagaimana nih langkah hadapi komentar-komentakayak demikian ?
bila komentar berbentuk pujian, tidakmasalah cukup dibalas dengan ucapan terima kasih. namun bila komentarnyaberupa kritikan, kecaman, serta umpatan, nah lho…harus siapkan senjatapamungkasnya. ada sebagian dasar yang bisa dikerjakan untuk menghadapikomentar layaknya ini. dasar ini menurut pengalaman mas ndoro kakung, seorang blogger serta jurnalis yang juga seorang penulis pada beberapamedia populer yang dituliskan pada buku ngeblog dengan hati.
1. dasar pertama, abaikan saja.
konsekuensi memiliki situs (blog) danmemposting dapat siap terima beragam komentar positif maupunnegatif. tidak hiraukan apakah catatannya bagus atau buruk. langkahmenghadapainya yakni menafikannya. membela diri justru dapat membuatmereka menambah serangan.
2. dasar ke-2, ucapkan terima kasih.
memperoleh komentar aneh layaknya memakiatau mengumpat dengan bhs kasar, hingga menyakitkan hati, santaisaja. ucapkan saja terima kasih atas kunjungan serta komentarmereka. akuilah dengan rendah hati bahwa anda memanglah tetap studi danterus memerlukan masukan. bila memanglah ada kekeliruan, mohon dikoreksi.
3. dasar ketiga, biarlah pengunjung lain menolong.
blogger serta penggemarnya memilikiikatan yang unik serta membentuk sesuatu komune. tanpa diminta, parapembaca setia situs (blog) dapat bereaksi apabila mereka mendapatkan komentar yangtak pantas. biarlah pembaca situs (blog) turut berpendapat serta menanggapikomentar-komentar miring. karena dapat menumbuhkan kesetiaan.
khalayak setia yaitu benteng pertahanan terbaik untuk hadapi hujatan.
4. dasar keempat, pertahankan.
beberapa pembaca berikan masukan padapostingan anda yang kurang prima atau memiliki kandungan kekeliruan. terimalahdengan lapang hati serta kerjakan koreksi apabila ada yang kurang pas. namuntetap saja ada pembaca yang tidak setuju dengan tulisan anda, pertahankanlah. beri bukti, perumpamaan, atau data yang memperkuat. bilaperlu, buat tulisan susulan yang diisi penjelasan lebih detil.
5. pedomaan kelima, kerjakan pergantian.
apabila terus terima kritik tentangtopik yang sama, baiknya janganlah keras kepala. mungkin waktu andamelakukan pergantian. perlihatkan pada khalayak bahwa anda lalu bisaberubah. beradaptasilah sesuaikan keperluan mereka dengan kepentingananda.
bagaimana ? apa anda memiliki senjata ampuh yang lain untuk hadapi komentar-komentar yang menyakitkan ini ?
untuk penulis, komentar apa pun tetap dapat di terima sepanjang tetap tingkat yangwajar-wajar saja. silahkan berkomentar sesuka anda anda asal jangannyepam…. :- )